Rabu, 23 September 2020

KISAH SERIGALA HITAM DAN PUTIH

KISAH SERIGALA HITAM DAN PUTIH


Seorang kakek dari suku Indian sedang bercerita pada cucunya yang masih kecil. Sang kakek memberi perumpamaan bahwa didalam diri ada seekor serigala hitam dan serigala putih yang setiap hari bertengkar. Serigala hitam itu melambangkan perbuatan buruk, hal-hal negatif seperti: kebencian, kejengkelan, kemalasan, dan lain sebagainya. Sedangkan serigala putih itu melambangkan perbuatan baik, berbagai hal positif dalam diri seperti: kebahagiaan, cinta kasih, semangat, murah hati, dan lain sebagainya. Selalu antara serigala hitam dan putih mengalami pertentangan tiada henti.

Cucu dengan lugunya bertanya, “Kakek, kalau bertarung serigala mana yang akan menang?”

“Yang kamu kasih makan itu-lah yang akan menang,” jawab Sang kakek.

Demikian juga dengan kesuksesan seseorang, dipicu oleh kecenderungan dirinya. Jika dalam pikirannya selalu lebih banyak sugesti-sugesti negatif, maka hasilnya pasti negatif. Sebaliknya jika lebih banyak sugesti-sugesti positif, maka hasilnya pasti positif. Dengan kata lain, kesuksesan itu tidak jauh-jauh dari apa yang sudah ada pada dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KASUS KELIMA : ISTIHADHAH MUTAHAYIROH MUTLAQAH (Kajian Fiqih seri 55)

_#seri55_ *KASUS KELIMA : ISTIHADHAH MUTAHAYIROH MUTLAQAH* Kasus kelima ini adalah kasus pertama dari tiga jenis mutahayirah yang sudah dise...